+62 852 625 22 333 info@wisatamurahmeriah.com
+62 852 625 22 333 info@wisatamurahmeriah.com

TRANSPORTASI WISATA DI SUMATERA UTARA

Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia dan masuk ke dalam kategori destinasi wisata utama di Asia Tenggara. Salah satu alasannya adalah karena Danau Toba sebagai salah satu danau kaldera terbesar di dunia berada di Provinsi Sumatera Utara, bahkan ada 7 Kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Utara merupakan stake holder Danau Toba. Adapun Kabupaten dimaksud antara lain: Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utata dan Kabupaten Toba Samosir. Oleh karena luasnya kawasan Danau Toba tersebut, maka dibutuhkan transportasi wisata di Sumatera Utara berupa sewa bus pariwisata medan.

Selain Danau Toba dan Pulau Samosir sekitarnya yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang diminati penduduk dunia, masih banyak destinasi wisata penting di Sumatera Utara yang menjadi idola para wisatawan, seperti: Berastagi, Taman Simalem Resort, Kota Medan, Bukit Lawang, Tangkahan dan lain-lain yang menyebabkan Sumatera Utara patut dikenal sebagai daerah tujuan wisata terdepan di Indonesia. Berkaitan dengan itu pula, tahun 2016 Pemerintah Republik Indonesia telah memilih Danau Toba sebagai salah satu prioritas binaan Pemerintah Pusat untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata utama.

Seirama dengan itu, Pemerintah Republik Indonesia telah melakukan banyak gebrakan dalam rangka mewujudkan Danau Toba menjadi destinasi wisata prioritas, antara lain:

  1. Membangun, mengoperasikan dan mengembangkan Bandara Sisingamangaraja XII atau juga dikenal sebagai Bandara Silangit sebagai salah satu Bandar Udara yang melayani penerbangan reguler domestik dan internasional yang berlokasi di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara dengan maksud untuk memperlancar transportasi turis yang ingin berkunjung ke Danau Toba dengan menawarkan tempat mendarat yang semakin dekat dengan Danau Toba. Dengan demikian program tour ke Danau Toba akan semakin lancar.
  2. Menyelesaikan dan mengoperasikan Jalan Toll dari Medan hingga Kota Tebing Tinggi termasuk dari Bandara Kuala Namu Medan untuk memudahkan dan melancarkan transfer wisatawan dari Bandara Kuala Namu di Medan menuju Danau Toba dan sebaliknya. Program pembangunan jalan toll berikutnya adalah lintas Tebing Tinggi – Pematang Siantar. Tentu saja akan sangat membantu kemajuan pariwisata di Sumatera Utara.

Selain itu, masih banyak yang harus dibenahi termasuk di dalamnya memajukan objek wisata dan menyediakan infrastruktur berupa sewa angkutan wisata di Sumatera Utara seperti layanan sewa bus pariwisata medan atau angkutan wisata yang dapat memenuhi semua tuntutan kebutuhan wisatawan dengan nyaman. Para tour operator di Sumatera Utara tidak hanya menyiapkan transportasi seperti mobil Toyota Innova atau Avanza atau micro bus lainnya sepertiĀ  layanan sewa elf medan. Bus Pariwisata juga harus melayani sewa bus medium medan untuk menjangkau rombongan wisatawan dalam jumlah sedang yakni 20-30 orang dalam satu group.

Kita semua berharap agar ke depan Pariwisata Sumatera Utara sebagai bagian dari Pariwisata Indonesia akan mengalami banyak kemajuan yang pada gilirannya akan menjadi sumber kehidupan dan kemajuan bagi warga negara Indonesia termasuk di dalamnya peningkatan devisa negara untuk menunjang tercapainya kemajuan bangsa melalui program pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Leave a Reply

Hello..
Please chat with us on Whatsapp..
Silahkan chat dengan kami via Whatsapp..

CHAT WITH US VIA WHATSAPP